Sejarah Desa

Sitiarjo adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Sumbermanjing WetanKabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Desa Sitiarjo terletak 60 Km ke arah Selatan dari pusat kota Malang. Batas sebelah Utara berbatasan dengan desa Sumberagung, sebelah Barat berbatasan dengan desa Kedungrampal, sebelah Timur berbatasan dengan desa Kedungbanteng, sebelah Selatan berbatasan dengan desa Sendang Biru dan Bajul Mati. Desa Sitiarjo memiliki 15 Rukun Warga dan 65 Rukun Tetangga.Setiap RW memiliki nama Kampung yang berbeda-beda misalnya Pulungrejo, Pegat, Sumberembag, Sumber Gayam, Palung, Kemudinan, Gunung Tumo, Tumpak Nangklik, Kulon Gunung, Tadah Batok, Rowotrate, dan Tumpak Rejo.Rata-rata suhu udara di Sitiarjo Panas dan lembap. Desa ini terletak di sebuah ngarai hijau nan indah yang dialiri dua aliran sungai yakni sungai Penguluran dan sungai Mbambang.Ke dua sungai inilah yang mengaliri areal persawahan di desa Sitiarjo yang menjadi mata pencaharian utama penduduknya sejak dibukanya desa ini pada tahun 1896. Pengasilan pertanian yang utama adalah padi, kelapa, dan pisang. Namun, aliran sungai ini pula yang sering nendatangkan bencana bagi masyarakat Sitiarjo. Curah hujan yang tinggi sering kali membuat sungai ini tidak mampu menampung debit air sehingga banjir hampir tiap tahun menggenangi desa yang mayoritas penduduknya beragama Kristen ini. Selain bermata pencaharian sebagai petani penduduk desa Sitiarjo juga berprofesi sebagai pegawai negeri, pedagang, nelayan, dan TNI Polri. sekitar 95% penduduknya beragama Kristen dengan dominasi warga Greja Kristen Jawi Wetan. Berikutnya beberapa aliran gereja yang lain seperti Gereja GPdI, Gereja Bethel, dan beberapa aliran Kharismatik lain. Pemeluk agama Islam juga ada di desa ini. Mereka berdomisili di sekitar pasar desa Sitiarjo, dan sebelah Timur desa yang berbatasan dengan desa Kedungbanteng. Kerukunan antar umat beragama sangat dijunjung tinggi di desa Sitiarjo. Tidak pernah sekalipun terjadi konflik horisontal antar umat terjadi di desa ini. Desa Sitiarjo memiliki tempat pariwisata yakni pantai Goa Cina di laut Selatan. Tempat wisata ini ada di jalur utama Lintas Selatan yang mudah diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu juga punya wisata religi yang diadakan setiap tahun berupa perayaan undhuh-undhuh (hari raya persembahan)dan selalu dilaksanakan di lingkungan jemaat Greja Kristen Jawi Wetan Pasamuan Sitiarjo. juga ada upacara ritual desa Bersih desa yang dilaksanakan setahun sekali setelah panen raya. Desa Sitiarjo juga memiliki sarana dan prasarana penunjang kehidupan yang memadai untuk sebuah desa berupa pasar desa yang besar dan lengkap, sarana peribadatan Kristen dan Islam, Puskesmas desa, lembaga Pembiayaan non-pemerintah dan bank serta beberapa jenis koperasi yang bisa dimanfaatkan oleh warga desa, juga tersedianya layanan pendidikan dari TK sampai SMA.

SEJARAH DESA

Sejarah pembukaan lahan (bedah krawang) Desa Sitiarjo tidak lepas dari perkembangan umat Kristiani di wilayah Jawa Timur khususnya Kabupaten Malang.

A. Cikal-bakal

Tersebutlah seorang tua bernama Kyai Truna Semita yang tinggal di Wonorejo – Bantur Kabupaten Malang. Ia adalah putra kedua dari tokoh “bedhah krawang” komunitas Wonorejo yaitu Ki Ibrahim Tunggul Wulung asal Juwana – pesisir Utara Jawa Tengah yang sempat bertapa di lereng Gunung Kelud, dan memeluk agama Kristen sejak dibaptiskan pada tanggal 6 Juli 1857 di bawah asuhan Pdt J.E Jellesma (pasamuwan Mojowarno – Jombang).

Kyai Truna Semita berperan penting dalam meramaikan pembukaan lahan Swaru – Gondanglegi. Di situ ia bersahabat dg para pendatang, antara lain dengan para keturunan Raden Mas Sandiya Suramenggala, yaitu kakak beradik Sarna Krama Setja, Garta Ngastawa, Kasminah (istri Sarub), Astama, Kasiman & Sarta (suami Tramisih) yang tadinya boyong dari desa Karungan – Sidoarjo, Pasamuwan Sidokare. Suatu ketika ia melontarkan ide kepada para sahabatnya untuk membuka sebuah dataran di Lembah Sungai Panguluran yang masih berupa “alas gung liwang-liwung jalma mara jalma mati”. Setelah beberapa kali rembugan, Ia dan guru Krama Setja sepakat meminta Garta Ngastawa melakukan survey ke tempat tersebut. Untuk itu mereka juga mohon doa restu kepada Pdt D. Louwerier selaku pemimpin Pasamuwan Swaru.

Survey ke dataran di hutan Panguluran dilakukan dua kali. Survey pertama dilaksanakan Garta Ngastawa bersama dua orang sahabatnya, yaitu Tapa dan Mangun. Mereka tiba di perbukitan sisi Utara dan mendirikan sebuah pondok sederhana. Dari situ mereka memandang ke seluruh lembah subur yang tampak seperti pinggan (Jawa: Dulang), sehingga menyebut tempat mereka saat itu sebagai “Pondok Dulang”. Selanjutnya, pondok itu dijadikan pos tinggal selama pelaksanaan survey ke seantero ngarai. Hasil survey berminggu-minggu itu kemudian dilaporkan kepada Pdt. D. Louwerier.

Survey kedua dilakukan lebih jauh sampai ke dataran di balik perbukitan sisi Timur, yg di kemudian hari dikenal dengan nama Tambakrejo. Kali ini surveyornya ada empat orang, yaitu dg tambahan Kastam. Setelah survey kedua selesai dilakukan, maka segera digelar persiapan bersama untuk pembabatan hutan tahap pertama. Sementara itu, Pdt Louwerier menyiapkan berkas permohonan ijin pembukaan hutan kepada pemerintah Hindia Belanda yang berpusat di Batavia. Ada lima belas keluarga yang siap membuka pemukiman dan persawahan di sekitar Pondok Dulang tersebut. Sembari menunggu penerbitan surat ijin dari Batavia, pada tahun 1893 mereka mulai membuka lahan dengan lebih dulu mendaraskan bersama “Donga Rama Kawula”.

B. Surat Ijin Resmi dan Pendirian Pasamuwan Sitiarjo

Setelah bertahun-tahun menunggu, akhirnya pada tanggal 11 Februari 1897 mereka menerima surat ijin resmi berlogo singa atas nama Pemerintah Hindia Belanda dengan tanggal penerbitan 25 Juni 1895, maka resmi sudah upaya pembukaan lahan yg mereka lakukan selama ini. Selanjutnya tanggal tersebut dilestarikan sebagai hari ulang tahun Pasamuwan Sitiarjo, yang kemudian beralih nama menjadi GKJW Jemaat Sitiarjo dg penegasan SK Dirjen Bimas Kristen Depag RI bernomor F/Kep/38/3685/79 tertanggal 10 Oktober 1979. Dengan demikian, pembukaan pemukiman baru itu juga berarti dimulainya perkumpulan orang-orang Kristen di wilayah tersebut. Pembukaan pertama itu dilakukan pada sisi Utara sungai Panguluran dg sebutan Sitiarjo

Proses pembukaan lahan baru itu bukannya tanpa hambatan sama sekali. Suatu ketika sempat terjadi penyerbuan orang-orang dari dusun Gombloh – Druju yang ingin dapat bagian dari pembukaan hutan tersebut. Tetapi usaha ini bisa digagalkan karena nenek moyang kita memiliki surat ijin berkekuatan hukum dari pemerintah, sehingga mempunyai alasan kuat untuk meminta para penyerbu itu pergi dari lingkungan lahan. Hambatan lainnya adalah kurangnya pembinaan rohani warga, maka atas usulan Garta Ngastawa lalu Pdt Louwerier menugasi Guru Injil Akimas melayani persekutuan umat Tuhan di situ. Ini menunjukkan nenek moyang kita berkeyakinan bahwa pembukaan lahan baru haruslah diimbangi dengan pengembangan kualitas mental dan iman yang baik pula.

Surat resmi kedua diturunkan bertanggal 18 Agustus 1898 sebagai ijin membuka lahan pada sisi Selatan sungai Panguluran yang kemudian disebut dengan nama Pulungrejo. Pembabatan hutan di area ini selesai pada tanggal 17 Agustus 1901 di bawah pimpinan Saliman (ngKik Jasminah), seorang sahabat Garta Ngastawa dari keturunan Raden Tumenggung Suradita. Saliman juga dibantu oleh keponakannya bernama Gadri dari Mojowarno yang setelah dibaptis namanya ditambah dengan Domikus. Setelah Garta Ngastawa dan Saliman memasuki usia senja, maka pengembangan Sitiarjo dilanjutkan oleh Wardja dan pengembangan Pulungrejo diserahkan kepada Inswiadi (cucu Saliman).

Segera setelah selesainya pembukaan lahan Pulungrejo, pada tahun 1901 itu pula mulai dibangun sebuah gereja kecil yang juga difungsikan sebagai sekolah di lahan Pasamuwan Sitiarjo, yang sekarang merupakan area SMP YBPK Sitiarjo. Pemeliharaan rohani warga jemaat tetap diemban oleh Guru Injil Akimas, sedangkan proses pendidikan sekolah mula-mula hanya diemban oleh guru Ernes dan Pak Sasminah. Oleh karena jumlah siswa semakin bertambah, maka dibangunlah sebuah sekolah yang lebih luas di lahan sebelah Barat milik Pasamuwan Sitiarjo, yang sekarang menjadi area SDN Sitiarjo I. Sedangkan gedung gereja hanya dipakai untuk beribadah. Kawasan baru itu bertambah ramai sampai akhirnya disadari bahwa gedung gereja lama tidak lagi memadai, maka mulai tahun 1918 dibangunlah gedung gereja baru yang lebih luas dan besar di sisi Utara sungai, tepat di lereng lembah Panguluran. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Pdt De Vries, selaku pendeta baku di pasamuwan Swaru. Tahun 1921 pembangunan gedung gereja berhasil diselesaikan dan diresmikan sebagai rumah ibadah Pasamuwan Sitiarjo.

C. Dusun Pondok Dulang Menjadi Desa Sitiarjo

Pemukiman baru tersebut, baik Sitiarjo di Utara maupun Pulungrejo di Selatan waktu itu semakin terkenal dg nama Dusun Pondok Dulang. Namun kedua wilayah itu tergabung kepada dua desa yang berbeda. Sitiarjo menjadi bagian dari Desa Gedhog – Turen, sedangkan Pulungrejo menjadi bagian dari Desa Pamotan – Druju. Kebutuhan warganya juga semakin banyak, seiring dengan semakin banyaknya pertambahan penduduk di situ. Untuk mencukupi kebutuhan kewarga-negaraan umat, maka sejak tahun 1906 mulai dilakukan persiapan penyatuan Sitiarjo dan Pulungrejo menjadi sebuah desa mandiri. Setelah seluruh persiapan dianggap cukup, maka dimulailah proses pembentukan desa dengan didahului pemilihan kepala desa secara demokratis. Ada empat orang calon kepala desa, yaitu Wariyo, Sampunah, Lesinar dan Rema Surareja. Akhirnya terpilihlah Rema Surareja (menantu Sarub) sebagai kepala desa pertama dan sejak itu desa tersebut dinamai Desa Sitiarjo.

Sumber: http://gkjw.org/2014/08/17/7-sitiarjo-saktleraman/#comment-126

SISTEM PEMERINTAHAN Seperti yang telah diatur dalam Perda Kabupaten Malang, pemerintahan desa Sitiarjo adalah Pemerintahan desa Sitiarjo yang berada di wilayah Kecamatan sumbermanjing Wetan kabupaten Malang. Kepala pemerintahan dijabat oleh kepala desa yang dipilih langsung oleh masyarakat.Saat ini, yang menjadi kepala desa adalah Lispijanto Daud. Dalam menjalankan pemerintahan desa, kepala dea dibantu oleh Sekretaris Desa, Kepala Dusun, Kebayan, Jogotirto (kuwowo), jogoboyo, seorang modin Kristen dan seorang modin Islam, dan dibantu oleh staf kesekretariatan desa. Berikutnya organisasi sosial yang berkaitan langsung dengan mayarakat adalah RT dan RW.

SISTEM MATA PENCAHARIAN Sebagian besar penduduk desa Sitiarjo hidup dari pertanian padi, kelapa, dan pisang. selain itu mereka juga hidup sebagai pegawai negeri (guru, manteri kesehatan), pedagang pasar, wiraswasta (berkaitan dengan pertanian), nelayan, dll.

SISTEM KEPERCAYAAN Meskipun belum sepenuhnya lepas dari pengaruh kepercayaan Jawa, secara formal mayoritas warga Sitiarjo beragam Kristen dengan denominasi beragam yakni Greja Kristen Jawi Wetan, GPdI, Bethel, Tabernakel,dll. Selain itu warga pendatang biasanya pemeluk Islam.